Friday, December 17, 2010

Ke Singapura, Wajib Kunjungi Merlion Park

TIDAK salah jika Singapura dikenal sebagai tempat shopping dunia. Pasalnya sebutan tersebut sangat beralasan., banyak mall atau pusat perbelanjaan di Singapura sangat banyak. Jumlahnya hingga mencapai ribuan, itupun masih banyak yang dalam proses pembangunan.

Hal itu sangat terasa ketika harian bangsa masuk Singapura melalui Pelabuhan HarbourFront di Teluk Belanga di sebelah selatan  pusat Kota Singapura. Di pelabuhan tersebut, pendatang langsung disuguhi berbagai macam barang-barang mulai dari tas, pakaian, alat elektronika, hingga kartu perdana untuk handphone. Untuk harga bervariasi mulai dari 10 dollar Singapura hingga ratusan dollar Singapura.
 
HarbourFront berbeda dengan Batam Center. Meski sama-sama pelabuhan penyeberangan tetapi HarbourFront kebih lengkap. HarbourFront  berlantai empat. Lantai satu digunakan untuk petugas imigrasi dan shopping serta tempat keluar wisatawan. Sedangkan, untuk lantai dua sebagai tempat untuk check in Ferry untuk beragkat ke Batam. Sedangkan, lantai tiga untuk beli tiket keberangkatan ke Batam dan Mall. Di lantai III juga ada pantai buatan. Sedangkan di lantai 4 ada mall.
 
Keluar dari pelabuhan maka wisatawan tidak perlu bingung. Karena Singapura adalah negara kecil.  Luasnya hanya 710 kilometer persegi. Sehingga dengan menyewa taksi, maka kita bisa keliling Singapura. Tidak perlu takut tersesat. Karena di Singapura, ada peta yang disediakan pemerintah di tempat- tempat strategis. Seperti di Halte, maupun tempat-tempat keramaian. Selain itu, papan penunjuk  jalan-jalan di Singapura terpasang dengan jelas. 
 
Sementara itu, untuk soal bahasa, masyarakat Indonesia tidak perlu bingung. Meski tidak menguasai Bahasa Inggris, tetapi mereka bisa menggunakan Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi. Karena sopir taksi dan pedagang di Singapura bisa berbahasa Indonesia. Karena penduduk g berasal dari beberapa negara, seperti Indonesia, Malaysia, Tiongkok, Arab, dan India.
 

Kunjungan pertama wisatawan ke  Singapura adalah One Fullerton. Di sana ada patung singa yang mamancurkan air dari mulutnya, atau yang disebut sebagai  merlion park. Wisatawan banyak berkunjung ke sana untuk berfoto. “Kalau tidak ke sini dan berfoto maka belum ke Singapura,” ujar Raj Singh (27) wisatawan asal India yang sempat ditemui dilokasi. 

 

Untuk ke One Fullerton tidak terlalu sulit. Setiap sopir taksi bisa mengetahuinya. Karena one fullerton berada di tengah Singapura. Dari pelabuhan HarbourFront hanya butuh waktu sekitar 15 menit atau sekitar lima kilometer ke arah barat. Raj Singh mengaku sudah berulangkali ke Singapura, tetapi ritual berfoto di One Fullerton atau kawasa Merlion Park tetap dilaksanakan. “Setiap ke sini, foto di sini wajib hukumnya,” ujarnya dengan menggunakan bahasa inggris dicampur dengan isyarat.(arif)

No comments:

Post a Comment