Tuesday, April 23, 2013

Temukan Paket Kunci Jawaban di Kediri, Tiap Siswa Beli Rp 150 Ribu


Salah satu bentuk kunci jawaban yang beredar

KEDIRI - Ujian Nasional (UN) tingkat SMA, MA dan sederajat di Kota Kediri, Jawa TImur meninggalkan persoalan. DPRD setempat menemukan kunci jawaban dari sejumlah sekolah penyelenggara.

Ironisnya, peredaran kunci jawaban tersebut menggunakan modus yang bervariatif. Bahkan, disinyalir dilakukan oleh jaringan yang tersetruktural. Sedangkan harga satu paket kunci jawaban dibandrol Rp 120-150 ribu per siswa. “Dari informasi yang kita gali ada beberapa modus. Masing masing sekolah berbeda kunci jawabannya. Ada yang berbentuk lajur dari atas ke bawah. Ada yang berbentuk kolom menyamping. Ini menandakan paket kunci masing-masing sekolah yang berbeda,” ujar Anggota Komisi C DPRD Kota Kediri Yudi Ayubchan, Selasa (23/4).

Anggota DPRD Yudi Ayubchan menunjukkan paket kunci jawaban
Politisi Partai Demokrat itu menemukan kunci jawaban tersebut di sejumlah sekolah SMA penyelenggara Unas. Setiap satu sekolahan, ada koordinatornya. Kemudian dari sekolah tersebut ada siswa yang memiliki peran sebagai pengepul menyodorkan kunci jawaban itu ke sesama temannya. “Selain ada koordinatornya, juga ada penanggung jawabnya. Kemudian diatasnya lagi, dengan istilah pemegang wilayah Kota atau Kabupaten Kediri. Harga kunci jawaban tersebut setiap siswa ada Rp 120-150 ribu.

Sebelumnya, sempat tersiar kabar jika Unas tingkat SMA, MA dan sederajat di Kota Kediri telah bocor. Disejumlah sekolah penyelenggara diisukan terjadi peredaran kunci jawaban. Bahkan, Dewan Pendidikan Kota Kediri (DPKK) sempat melakukan penelusuran bersama pihak kepolisian

Tetapi Walikota Kediri Samsul Ashar menampik semua kabar maupun isu ihwal peredaran kunci jawaban Unas SMA, MA dan sederajat. Macam soal Unas hingga 20 jenis tidak memungkinkan adanya praktek peredaran kunci jawaban. Walikota menilai isu peredaran kunci jawaban tersebut hanya menyesatkan.

Sementara itu, data Dinas Pendidikan Kota Kediri, peserta Unas SMA, MA, dan sederajat di Kota Kediri sebanyak 9.606. Rinciannya, SMA dan MA sebanyak 4.645 peserta. SMK sebanyak 4.971 peserta. Adapun jumlah penyelenggaran sebanyak 20 lembaga terdiri dari MA 5 lembaga dan SMK 24 lembaga.

No comments:

Post a Comment