Monday, January 25, 2010

Jatah Raskin Berkurang 2 Kg

KEDIRI – Beras untuk warga miskin (raskin) pada tahun 2010 ini tidak sama dengan raskin sebelumnya, jika tahun-tahun sebelumnya setiap Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTSPM) menerima 15 Kg, namun tahun ini berkurang 2 Kg menjadi 13 Kg.

Seperti yang diungkapkan kepala kelurahan Bandar Lor Hariyono bahwa tahun ini setiap warga hanya menerima beras 13 Kg. “Tahun ini setiap warga hanya menerima 13 Kg saja,” ungkapnya, Senin (25/1).

Oleh karena itu, dikatakan Hariyono, dari sub drive V Kediri pihak kelurahan sudah menerima beras dengan kemasan 15-an kilogram, untuk itu pihaknya harus menimbang ulang dengan berat 13 Kg. “Kalau kami tidak nimbang lagi, mungkin hari ini sudah bisa kami bagikan,” ungkapnya.

Untuk tahun ini dijelaskan olehnya Kelurahan Bandar Lor mengalami penurunan penerima raskin sebanyak 29 KK. Jika tahun lalu yang berhak menerima raskin sebanyak 343, maka untuk tahun ini hanya 314 KK. “Tahun ini warga kami yang menerima berkurang 29,” jelasnya.

Dalam penyalurannya nanti, imbuh Hariyono, masyarakat akan mengambil sendiri di kantor kelurahan Bandar Lor dengan harga per kilogramnya Rp 1600. “Besuk (hari ini red.) berasnya akan diambil masyarakat sendiri, atau diwakilkan pada masing-masing ketua RT,” imbuhnya.

Hal tersebut juga dibenarkan Kepala Bagian Humas Pemkot Kediri Nur Muchyar, raskin tahun ini berkurang 2 Kg jika dibandingkan tahun lalu. “Memang tahun ini setiap KK hanya menerima 13 Kg per RTSPM,” ungkapnya.

Berdasarkan surat gubernur No 518 tahun 2009 tentang pagu raskin Kota dan Kabupaten. Untuk jatah raskin Kota Kediri, sudah dibagikan ke titik distribusi di setiap kelurahan mulai Senin (25/1). Hanya saja raskin yang akan didistribusikan sudah terlanjur dibungkus ukuran 15 kilogram. Untuk itu, raskin yang sudah dibagikan ke setiap kelurahan tidak bisa langsung didistribusikan pada warga penerima, karena petugas distribusi di tingkat kelurahan harus menata kembali untuk dibungkus ukuran 13 kilogram. “Untuk itu petugas kelurahan yang nantinya melakukan timbangan ulang,” jelasnya.

Untuk Kota Kediri sendiri telah menerima raskin sebanyak 143.637 Kilogram untuk nantinya dibagikan kepada 11.049 KK yang tersebar di 3 kecamatan di Kota Kediri. “Untuk itu kami berharap, dengan pembagian raskin ini, warga miskin bisa terbantu menyusul kenaikan harga beras pada beberapa hari terakhir,” pungkasnya.

No comments:

Post a Comment