Sunday, February 20, 2011

Ratusan Sarjana Kediri Masih Nganggur


KEDIRI, Tampaknya angka pengangguran tingkat sarjana (S-1) di Kota Kediri masih cukup tinggi. Tercatat ratusan warga Kota Kediri lulusan perguruan tinggi saat ini mengangur alias belum mendapatkan pekerjaan.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Kediri Ivantoro mengatakan, meski belum bisa menyebutkan angka secara pasti, jumlah pengangguran tingkat sarjana tahun 2011 ini meningkat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Ivantoro mengatakan, banyaknya lulusan perguruan tinggi yang menganggur karena para sarjana tersebut banyak yang pilih-pilih pekerjaan. “Kalau sarjana itu gampang gengsi, sehingga masih pilih pilih pekerjaan yang lebih mapan dan langsung enak,” katanya.

Untuk lulusan SD hingga SMA, kata Ivantoro masih mau bekerja apa pun karena memang tidak ada pilihannya. “Kalau hanya lulusan pendidikan dasar, meski srabutan dan seadanya pasti mau, wong memang butuh kerja,” lanjutnya.

Untuk itu, Dinsosnaker menggagas membuka bursa kerja khusus tingkat sarjana. Dalam waktu dekat akan segera direalisasikan sebagai upaya mengurangi angka pengangguran di Kota Kediri. “Job Fair menjadi program awal saya sebagai Kepala Dinas,” terang mantan kepala Satpol PP ini.

Menurut Ivantoro, Dinsosnaker sudah berkoordinasi dan menjalin kerjasama dengan perusahaan perusahaan tingkat nasional. Nantinya, bursa kerja diupayakan bisa dimanfaatklan oleh lulusan dari semua jurusan. “Kami masih matangkan program ini dan semoga segera bisa direalisasikan,” pungkasnya.

No comments:

Post a Comment