Saturday, February 16, 2013

Pembangunan Jembatan Papar tak Jelas


KEDIRI – Pembangunan jembatan Papar semakin semrawut. Pasalnya, hingga kini belum lagi ada kejalasan kelanjutan proses pembangunan jembatan ini, kini pemerintah harus dihadapkan pada persoalan pasar yang terkena dampak langsung pembangunan itu.

Keberadaan pasar desa yang berada tepat dijalur menuju jembatan itu membuat kondisi akan menjadi persoalan tersendiri dalam pelebaran jalur menuju jembatan itu. parahnnya, hingga kini pemerintah Kabupaten Kediri belum mengambil langkah jelas terhadap persoalan ini. Apakah pasar tersebut akan direlokasi ataukah hanya akan di geser saja.

Anggota komisi C DPRD Kabupaten Kediri Ishak Maulana mengatakan, seharusnya pemkab Kediri secepatnya memmbuat pemetaan wilayah secara jelas. Pasalnya, menurut Ishak, jika jembatan tersebut jagu dan dipergunakan nantinya akan banyak perubahan diwilayah sekitar jalur tersebut. “Jika tidak ada pemetaan yang jelas sejak sekarang, apalagi berkait dengan keberadaan pasar yang sangat dekat dengan jalur ini, maka kondisinya akan semakin semrawut. Tapi samapi saat ini kita juga belum diajak bicara terkait persoalan ini,” ujar Ishak

Sementara, para pedagang pasar mengaku pasrah dengann kebijakan yang akamn diambil oleh Pemkab Kediri terkait masalah ini. nammun para pedagang meminta, jika dilakukan relokasi atas pasar yang selama ini menjadi lahan mereka menncari rezeki, pemkab harus benar-benar mempertimbangkan lokasi baru tersebut. “Saya harapkan pmerintah juga memikirkan nasib kita, jangan sampai seperti nasip para pedagang lain, saat setelah direlokasi akhirnya malah bangkrut. Sama saja dengan membunuh kami. Prinsipnya kami tidak keberatan,” Ujar Agung, salah seorang pedagang.

Menurut Agung, di bagian tengah pasar terdapat lahan kosong seluas kurang lebih 200 meter persegi, jika nantinya pemeintah akan melakukan pelebaran jalur d lokasi ekitar pasar tersebt sebenarnya lokasi tersebut bisa digunakan untuk pemindahan kios yang dekat dengan jalur tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Bapeda dan Bagian Humas Pemkab. Kediri belum bisa di konfirmasi. Saat dihubungi via telephon, baik Plt Kepala Bappeda Kabupaten Kediri, Dede Sujana maupun Plt Kabag Humas Pemkab Kediri, Edhi Purwanto terdengar nada tdak aktif. (*)

No comments:

Post a Comment