Tuesday, April 16, 2013

Hujan Disertai Angin Kencang Porandakan Wilayah Kabupaten Kediri

Banyak Pohon Ukuran besar di Obyek Wisata Sumber Gundi roboh
Kediri – Hujan deras disertai angin yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur pada Senin (15/04) sore memporak porandakan sebagian wilayah di Kabupaten Kediri. Wilayah yang dalam kondisi cukup parah terjadi di Kecamatan Gurah, Kecamatan Pagu, Kecamatan Kayen Kidul, Kecamatan Plemahan dan Kecamatan Kunjang.

Pada wilayah tersebut, ribuan pohon tumbang dan atap rumah warga juga beterbangan disapu kencangnya angin. Di Desa Menang, Kecamatan pagu, khusunya dilokasi sekitar jalur Kediri menuju Kecamatan Pagu, sempat mengalami macet total. Pasalnya sejumlah pohon yang berada disepanjang jalur tersebut tumbang diterjang angin. Disamping itu, pohon yang bertumbangan tersebut juga memutuskan kabel jaringan listrik. Sehingga aliran listrik di wilayah tersebut padam total hingga malam hari.

Selasa (16/4) pagi warga dibantu TNI secara bergotong royong mememotong pohon yag tumbang menghalangi jalan tersebut dengan alat yang mereka datangkan sendiri.

Menurut Keterangan Sayudi (57) salah seorang warga Desa Menang, hujan deras disertai angin kencang itu terjadi sekitar pukul 15.00 wib. hujan disertai angin itu menurutnya berlangsung sekitar satu jam. Menurut warga tersebut angin kencang yang melanda wilayahnya berasal dari tenggara berhembus menerjang pepohonan dan pemukina warga.

Tiupan angin itu berlangsung tiga kali selama satu jam. “Hujan dan angin itu berlangsung cukup lama, sekitar satu jam. Tapi angin yang bertiup kencang terjadi hingga 3 kali, agak reda kemudian kencang lagi. Sehingga banyak pohon yang tumbang dan atap rumah rusak parah,” jelasnya, Selasa (16/4) pagi.

Warga mengaku sempat panik dengan kondisi tersebut, namun beruntung, banyaknya pohon yang tumbang tersebut tidak sampai menelan korban jiwa. Akan tetapi kencangnya tiupan angin tersebut membuat banyak pemukiman warga yang atapnya mengalami rusak parah. "Semuanya panik dan kawatir, namun sampai sekarang belum ada kabar ada yang mendai korban,” tambahnya.

Dari sejumlah informasi yang berhasil dihimpun dilapangan, banyak wilayah yang terkena bencana tersebut. Salah satunya obyek wisata sumber gundi yang pohon-pohon berusia ratusan tahun tumbang. (*)

No comments:

Post a Comment