Tuesday, April 16, 2013

Ancaman Konflik Pilkada, Polisi Gelar Ikrar Damai



KEDIRI - Guna mengantisipasi terjadinya konflik gesekan antar partai politik (parpol) dalam pelaksanaan pemilihan walikota kediri, pemilihan gubernur, maupun Pemilihan legislatif. Polres Kediri Kota siap menerjunkan 700 personil dari berbagai unsur satuan untuk melakukan pengamanan mulai tahapan hingga penetapan pilkada.

Kapolres kediri kota AKBP Ratno Kuncoro mengatakan, selain menyiapkan pasukan, Selasa (16/4) pagi, pihaknya juga telah mengumpulkan beberapa pihak terkait untuk menandatangani perjanjian bersama tentang deklarasi damai pilkada maupun pilleg. Selain ditandatangai unsur Muspida, dalam penandatanganan perjanjian tersebut juga diikuti KPU, Panwas dan juga peserta partai politik, dari kota dan kabupaten kediri. “Gesekan-gesekan antar partai politik bisa saja terjadi. Makanya, kami ajak mereka untuk deklarasi damai,” ujarnya, Selasa (16/4).

Ratno Kuncoro menambahkan, usai menggelar deklarasi damai, dalam waktu dekat pihaknya juga akan melakukan apel kesiapan pasukan dalam pengamanan pilkada dan Pemilihan legislatif.

Sementara itu, Pihak KPUD saat ini tengah melakukan verifikasi faktual kepada sejumlah bakal calon walikota dari jalur perseorangan. Bentuk verifikasi tersebut yakni bekerjasama kelurahan dan tim KPU mendatangi langsung ke rumah penduduk yang memberikan dukungan KTP kepada calonnya. (*)

No comments:

Post a Comment