Friday, April 19, 2013

KPU Kediri Temukan Dukungan Bacagub Jatim Eggi Sujana Salah Alamat



Salah satu FC KTP yang sudah habis masa berlakuknya
KEDIRI - Berkas dukungan KTP untuk calon Gubernur Jawa Timur dari calon independent yang diferivikasi oleh komisi pemilihan umum daerah (KPUD) Kabupaten Kediri banyak yang salah alamat.

Dalam verifikasi di kantor KPU Kabupaten Kediri, ada sekitar 5 ribu identitas yang dikirim dari KPU Jatim ternyata beralamat daerah lain di Jawa Timur. Selain kesalahan pengiriman berkas, kejanggalan juga banyak diketahui usia KTP yang sudah berusia lebih dari 5 tahun. Padahal, sebagaimana ketentuan yang ada, kartu tanda penduduk hanya berjangka waktu 5 tahun.

Anggota KPUD Kabupaten Kediri Sapta Andarisworo mengatakan, data dukungan calon Gubernur dari jalur independent Eggi Sujana – Muhamad Sihat dari Kabupaten Kediri sebanyak kurang lebih 20  ribu suara. Namun terpakasa harus dikembalikan oleh KPUD Kabupaten Kediri sebanyak sekitar 5 ribu suara. Dikembalikannya data tersebut akibat data dukungan itu bukan berasal dari Kabupaten Kediri, melainkan dari daerah lain. “Kita belum mendapatkan angka pasti, karena banyak berkas dukungan dari Kabupaten Kediri yang juga masuk ke wilayah lain. Sementara berkas yang masuk dan kita ferivikasi sebanyak kurang lebih 20 ribu berkas. Kemarin kita sudah kembalikan sekitar 2 hingga 5 ribu berkas dukungan ke KPU Jatim. Karen berkas tersebut bukan dari Kabupaten Kediri,” jelasnya.

Masih kata Sapta , berkas tersebut dikirim oleh KPU Jatim ke KPUD Kabupaten Kediri pada Senin lalu. Sebelum diserahkan pada PPK, berkas tersebut dilakukan proses identifikasi oleh KPUD untuk memilahkan berkas dukungan sesuai dengan kecamatan ada di Kabupaten Kediri. Dari proses identifikasi itu, KPUD mengaku mendapatkan sekitar 2 hinggga 5 ribu berkas dukungan yang bukan dari Kabupaten Kediri. Berkas tersebut oleh KPUD Kabupaten Kediri akhirnya dikirim kembali ke KPU Jatim. (*)

No comments:

Post a Comment