Saturday, March 30, 2013

Atasi Harga Cabai, DPRD Akan Panggil Dinas Pertanian


KEDIRI - Komisi B DFPRD Kabupaten Kediri, Jawa Timur berencana memanggil dinas terkait guna memantau langkah pengendalian harga sejumlah komoditas yang melambung khususnya harga cabai. Pasalnya, pemerintah daerah dinilai mempunyai cukup peran untuk melakukan normalisasi harga.

Anggota komisi B DPRD Kabupaten Kediri Muhaimin mengatakan, kenaikan harga cabai dalam beberapa hari terakhir menjadi perhatian banyak pihak. Sebab, komoditas cabai merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi inflasi. “Seharusnya pemerintah kabupaten kediri melalui dinas pertanian melakukan pemetaan produktifitas petani sehingga kenaikan harga bisa diantisipas. Untuk itu dalam waktu dekat kami akan segera menggelar hearing untuk mengetahui sejauhmana langkah yang sudah diambil dinas terkait guna normalisasi harga,” ujarnya.

Untuk diketahui, harga cabai rawit kualitas standar di tingkat petani mencapai Rp 36 ribu per kilo. Sementara di tingkat distributor dan pedagang harganya mencapai sekitar Rp 40 hingga Rp 50 ribu per kilogram. (*)

No comments:

Post a Comment