Saturday, March 30, 2013

Pengaruh Cuaca, Produksi Pangan di Kediri Turun

KEDIRI - Target produksi pangan bulog sub divre V Kediri, Jawa TImur tahun ini turun sekitar 6 ribu ton, dibanding tahun lalu. Turunnya target produksi pangan, karena kondisi musim yang kurang mendukung, serta adanya serangan hama di sejumlah daerah pemasok beras.

Kepala seksi analisis pasar bulog kediri, Dwi Santoso mengatakan, sebelumnya target produksi beras tahun ini mencapai 90 ribu ton, tetapi setelah melihat kondisi real dilapangan target diturunkan sesuai hasil koordinasi dengan bulog Jawa Timur. “Tahun ini memang sedikit turun, selain kondisi cuaca, juga produksi petani yang turun,” ujarnya.

Masih menurut Dwi, produksi pangan diwilayah kerja Bulog Kediri meliputi Kota dan Kabupaten Kediri serta Nganjuk, tahun ini di dominasi beras kualitas premium. Sedangkan penyerapan beras hingga kini telah mencapai 2 ribu ton, dan akan bertambah besar saat musim panen raya. Tahun lalu Bulog Kediri mentargetkan produksi beras sebanyak 80 ribu ton lebih, sedangkan tahun ini target diturunkan menjadi 75 ribu ton. (*)

No comments:

Post a Comment