Wednesday, April 3, 2013

Jembatan Ambrol, Jalur Menuju Air Terjun Ironggo Kediri Tertutup Untuk R-4

Jembatan menganga, tidak bisa dilalui Roda empat
KEDIRI - Jalur menuju dua objek wisata alam, air terjun Ironggolo dan Dolo di Kabupaten Kediri tertutup untuk kendaraan roda empat (R-4). Menyusul, jembatan utama di Dusun Ampel Gading, Desa Jugo, Kecamatan Mojo ambrol.

Jembatan yang berlokasi, sekitar 500 meter sebelah timur gedung SD Negeri Jugo II itu ambrol. Sehingga, ruas jalan di jembatan kini hanya selebar 1 meter, hanya bisa dilalui kendaraan roda dua (R-2)

Eko (35) warga Dusun Besuki, Desa Jugo mengatakan, Jembatan Ampel Gading ambrol sekitar seminggu terakhir. Ambrolnya jembatan karena tergerus air sungai. Kini, di sebelah selatan jembatan terdapat jurang yang kedalamannya mencapai 7 meter. “Kami sudah melapor ke perangkat desa. Bahkan, perangkat desa telah melapor ke pemerintah daerah. Tetapi sampai saat ini, belum ada tanggapan,” kecam Eko, Rabu (03/04/2013) pagi.

Masyarakat sekitar semakin kecewa, karena pemerintah justru membangun plengsengan di Dusun Besuki. Padahal, kata Eko, Jembatan Ampel Gading seharusnya lebih diprioritaskan, karena kondisinya semakin memprihatinkan.

Akibat ambrolnya Jembatan Ampel Gading tersebut, pengunjung dua objek wisata alam yang melalui jalur selatan yaitu, Kecamatan Mojo harus balik kucing. Mereka terpaksa berputar arah dengan jarak tempuh lebih dari 50 kilometer.

Masyarakat memasang papan pemberitahuan penutupan arus untuk kendaraan roda empat di pertigaan Dusun Besuki, tepatnya sebelum loket masuk kawasan wisata. Tetapi, masyarakat yang tinggal di Dusun Ampel Gading, khususnya pengendara mobil terpaksa tetap berputar melalui jalur Kecamatan Semen.

Terpisah, Plt Kabag Humas Pemkab Kediri Edhi Purwanto mengatakan, tim Teknis Dinas PU Kabupaten Kediri sudah turun ke lokasi untuk melakukan survei. Dari hasil survei, dapat ditentukan penanganan yang tepat terhadap jembatan tersebut. “Sudah diservey oleh rekan Dinas Pekerjaan Umum (PU), kalo desain sudah siap segera dilaksanakan dengan pengadaan langsung. Sementara dana sedah teranggarkan di PU tahun ini," jelasnya.

No comments:

Post a Comment